29 July 2013

Sakit Kepala?




Jangan Langsung Minum Obat, Coba Dulu Cara Alami Ini

 
Terlalu sering minum obat akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya jika Anda sakit kepala. Kondisi ini cukup sering dialami, oleh karena itu ada baiknya Anda ketahui beberapa cara alami untuk membantu meringankannya.

Berikut beberapa contoh solusi alami untuk mengatasi sakit kepala tanpa konsumsi obat, seperti dilansir Boldsky, Jumat (26/7/2013):

1. Minum air putih

Saat tubuh membutuhkan air, efek yang diberikan seringkali berupa sakit kepala. Sebab dehidrasi mempengaruhi pasokan darah dan oksigen, sehingga Anda akan merasakan sakit kepala. Jadi, cobalah untuk minum segelas air putih saat mengalaminya. Jika benar dehidrasi adalah alasan di balik sakit kepala Anda, maka sakit tersebut akan hilang dengan segera.

2. Makan sebuah apel

Apel dikenal memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan sakit kepala. Jika Anda sedang mengalami sakit kepala, cobalah mengonsumsi sebuah apel dengan sedikit garam. Ini akan membantu meringankan sakit kepala yang Anda alami.

3. Konsumsi teh jahe

Kombinasi ini merupakan cara alami yang baik untuk mengatasi sakit kepala. Tambahkan jahe dan daun teh ke dalam air mendidih, lalu tambahkan susu dan gula secukupnya. Minuman ini akan membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah di kepala, yang pada akhirnya akan meredakan sakit kepala.

4. Buat pasta kayu manis

Pasta kayu manis dapat dibuat dengan cara menggiling beberapa batang kayu manis dengan air. Kemudian oleskan pasta tersebut pada dahi dan biarkan selama 5-10 menit. Selain dibuat pasta, Anda juga dapat mengonsumsi susu dengan bubuk kayu manis untuk meredakan sakit kepala.

5. Hirup aroma minyak lavender

Ambil air panas dalam mangkuk dan teteskan minyak lavender di dalamnya. Setelah itu, hirup uapnya selama beberapa menit. Anda bisa mengulangi cara ini beberapa kali sehari.

6. Hirup cengkeh

Cobalah untuk menghirup cengkeh untuk mengatasi sakit kepala Anda. Caranya, ambil 5-6 siung cengkeh, hancurkan dan masukkan ke dalam saputangan lalu hirup aromanya. Aroma cengkeh dikenal sebagai pereda instan sakit kepala. Cara pasta seperti kayu manis juga bisa diaplikasikan pada cengkeh. Campurkan cengkeh dengan air dan usapkan pada dahi Anda.

7. Buat teh herbal bunga rosemary dan daun sage

Hancurkan daun sage dan bunga rosemary, kemudian tambahkan ke dalam air mendidih. Tutup dengan rapat dan biarkan dingin pada suhu kamar. Minumlah teh herbal ini setidaknya 3-4 kali sehari saat Anda sedang sakit kepala.

8. Pijat dengan minyak peppermint

Saat sakit kepala, cobalah untuk memijat dahi dengan menggunakan minyak peppermint. Cara ini akan mendorong aliran darah dan menenangkan pembuluh darah secara langsung.

9. Minum secangkir kopi

Kafein di dalam kopi membantu meredakan sakit kepala dengan cara mengurangi pembengkakan pembuluh darah. Selain itu, nyatanya kafein juga banyak digunakan dalam beberapa jenis obat penghilang sakit kepala.



Sumber: Detikhealth

No comments:

Post a Comment

Post a Comment