01 October 2011

Kandungan dalam ROKOK

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa Rokok memang berbahaya bagi kesehatan. Banyak penelitian membuktikan kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin.

Dari sebuah penelitian ternyata asap rokok juga mengandung berbagai racun dan lain-lain. Komponen gas asap rokok adalah karbonmonoksida, amoniak, asam hidrosianat, nitrogen oksida dan formaldehid. Partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbarzol dan kresol.

Namun apakah anda tahu bahwa rokok ternyata juga mengandung radiasi?

Fakta ini adalah informasi yang dilindungi oleh perusahaan rokok selama hampir 40 tahun. Lalu darimana sumber radiasi ini berasal? Radiasi tersebut berasal dari sebuah bahan yang bernama Polonium-210. Partikel ini dapat memancarkan radiasi yang sangat berbahaya yang disebut partikel alpha. Selanjutnya, jika anda sedang merokok, partikel ini akan bersinergi dengan unsur karsinogen lainnya yang akan mempercepat terbentuknya sel kanker dalam tubuh.


Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya bahaya dari seconhandsmoke yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok atau bisa disebut juga dengan perokok pasif.
Asap rokok yang mengandung ribuan bahan kimia beracun dan bahan-bahan yang dapat menimbulkan kanker (karsinogen) tidak hanya mengakibatkan gangguan kesehatan pada orang yang merokok, namun juga kepada orang-orang di sekitarnya yang tidak merokok yang sebagian besar adalah bayi, anak-anak dan ibu-ibu yang terpaksa menjadi perokok pasif oleh karena ayah atau suami mereka merokok di rumah. Perokok pasif mempunyai risiko lebih tinggi untuk menderita kanker paru-paru dan penyakit jantung ishkemia. Sedangkan pada janin, bayi dan anak-anak mempunyai risiko yang lebih besar untuk menderita kejadian berat badan lahir rendah, bronchitis dan pneumonia, infeksi rongga telinga dan asthma.

Lalu bagaimana dengan anda yang sampai sekarang masih tetap merokok......?
Ingat kesehatan anda dan juga keluarga anda.....

1 comment:

  1. Memang sulit untuk membujuk orang yang sudah menjadi perokok berat. Harus dari hati dan kemauannya sendiri.

    ReplyDelete